Keutamaan Shalat Tahajjud




Mungkin kita sudah sering mendengar tentang shalat tahajud... mungkin akhi wa ukhti juga sudah tahu tentang keutamaannya......disini kami akan menulis tentang keutamaan shalat tahajud. Akhi ukhti pada zaman sekarang sudah banyak orang yang tidak bangun malam mungkin hanya beberapa saja yang bangun malam ,, tahukah akhi wa ukhti bahwa Allah memerintahkan shalat tahajud dalam QS.Al-Isra’(17) : 79 yang artinya : “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat terpuji”


Sudah tahukan akhi ukhti ayat nya,, sekarang tentang keutaamaan dari shalat tahajud :

1.      Menjaga kesehatan

Orang-orang yang membiasakan dirinya shalat tahajud akan memiliki daya tahan tubuh prima sehingga tidak mudah terserang penyakit. Rasulullah SAW bersabda:”Lakukanlah shalat malam, karena ia adalah tradisi orang-orang shaleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh” (HR.Tirmidzi no. 3549)


2.      Menjaga ketampanan atau kecantikan

Jaminan ketampanan atau  kecantikan yang dihasilkan dari shalat Tahajud tidak terbatas pada penampilan lahiriah, tapi juga menghasilkan ketampanan atau kecantikan batin. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang sering menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya” (HR.Ibnu Majah)


3.      Meningkatkan produktivitas kerja yang berbasis spritualitas

Salah satu program untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang andal secara intelektual, emosional, dan spritual adalah membiasakan shalat tahajud di setiap malamnya. Rasulullah SAW bersabda : “Setan membuat ikatan pada tengkuk salah seorang di antara kalian ketika tidur dengan tiga ikatan. Setiap kali memasang ikatan, dia berkata ‘Malam masih panjang, teruslah tidur’. Jika orang tadi bangun lalu berzikir kepada Allah, terlepas satu ikatan. Jika dia berwudhu, terlepaslah satu ikatan lainnya. Jika dia shalat, terlepaslah semua ikatan. Pada akhirnya, dia akan menjadi segar (produktif) dengan jiwa yang bersih. Jika tidak, dia akan bangun dengan jiwa yang kotor dan diliputi rasa malas.(HR.Bukhari)


4.      Mempercepat tercapainya cita-cita dan rasa aman

       Selain dengan usaha (ikhtiar) secara maksimal, guna menggapai cita-cita dan rasa aman, seseorang hendaknya membiasakan diri untuk shalat Tahajud. Sebab, doa yang mengiringi shalat Tahajud akan dikabulkan oleh Yang Maha Mengabulkan. Rasulullah SAW bersabada “Ketahuilah, sesungguhnya Allah tertawa terhadap dua orang laki-laki: seseorang yang bangun pada malam yang dingin dari ranjang dan selimutnya, lalu ia berwudhu dan melakukan shalat. Allah berfirman kepada para malaikat-Nya, ‘Apa yang mendorong hamba-Ku melakukan itu?’ Mereka menjawab “Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu.’Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan (cita-citakan) dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan.” (HR.Ahmad)



Kutipan Buku : "99 Inspirasi Pagi"

Komentar